Sabtu, 17 Oktober 2020

Cara Menghadapi Kesedihan Harimu

 


Bagaimana kabarmu hari ini? 

Semoga tidak lebih buruk dari hari kemarin. Meski terkadang terasa sulit dan begitu berat. Yakinlah bahwa kau adalah sosok yang kuat dan hebat. Kau akan mampu melewati semuanya. Kau akan mampu melewati hari yang sendu ini.


Bagaimana jika kita membahas hal yang mungkin bisa mengatasi kesedihan harimu? Baiklah kita mulai…

Cara Mengatasi Kesedihan

  • Pahami kesedihan
    Memahami emosi kesedihan yang dirasakan, dapat membantumu melawan kesedihan itu sendiri. Namun, jangan terlalu lama memikirkannya, meski sangat sulit untuk mengalihkan pikiranmu. Cobalah untuk memikirkan hal lain, seperti contohnya langkah-langkah yang akan kau ambil setelah menghadapi masalah dari sumber kesedihanmu..

  • Mencoba menghadapi rasa sedih

Jangan menghindari rasa sedih. Menghadapi rasa sedih dengan menyendiri selama seharian, kemungkinan dapat membuat perasaan menjadi lebih baik. Menyendiri bukan menjadikan dirimu sebagai sosok yang lemah. Saat menyendiri kita akan lebih mampu melihat diri kita sendiri dengan lebih baik. Kita akan lebih mampu memahami alasan dibalik kesedihan kita, juga permasalahan yang mendasari rasa sedih kita. Saat kita sudah memahami dengan baik, kita akan mengetahui apa yang harus kita lakukan, kita akan melihat jalan terbaik yang bisa kita ambil atas semua yang terjadi. Karenannya menyendiri sambil mendengarkan musik melankolis bukanlah pilihan yang buruk.

  • Tidak apa-apa jika kau menangis
    Sebagian orang mungkin memilih untuk menyembunyikan kesedihannya. Padahal tidak ada salahnya untuk meluapkan kesedihan. Jika kau ingin menangis, maka menangislah. Menangis dapat membuat perasaan menjadi lebih baik dan lebih lega. Menangis tidak menjadikan dirimu lemah. Saat kau menangis kau akan menjadi lebih kuat dari detik sebelumnya, kau akan menjadi lebih tangguh. Kau memahami luapan emosi yang kau rasakan. Memahami perasaan diri sendiri hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tangguh. Kau adalah salah satunya.

  • Ayo kembali tertawa!!!
    Saat merasa sedih, lakukanlah hal yang akan membuatmu kembali tertawa. Hal sederhana seperti menonton film-film komedi atau video lucu di media sosial. Mungkin kau bisa berbincang kecil dengan keluarga atau teman yang memiliki skill komedi (Seseorang yang mampu membuat suasana percakapan menjadi lebih jenaka), dengan begitu kau akan tertawa lebih mudah.

  • Bolehkah kita berkeluh kesah?
    Jangan biarkan dirimu terus terperangkap dalam kesedihan. Cobalah untuk berbagi cerita dengan orang yang kau percaya, seperti orang tua, teman, atau pasangan. Namun jika kau berada di titik dimana kau tidak mampu mengungkapkan apapun kepada orang lain, maka cobalah berbicara kepada pantulan dirimu sendiri. Metode mencurahkan isi hati kepada pantulan dirimu dari sebuah cermin bukan hal yang tidak mungkin. Sadarilah bahwa yang mengenal dirimu dengan sangat baik adalah dirimu sendiri. Tidak ada salahnya mencurahkan isi hati kepada dirimu sendiri. Sebagai bentuk rasa mencintai diri sendiri dan setelahnya kau akan menjadi lebih lega. 

  • Apa yang ingin kau lakukan saat ini?
    Jangan hanya fokus dengan rasa sedih yang dialami, tapi coba melakukan hal-hal yang kau senangi agar suasana hati menjadi lebih baik. Bila suka bepergian, kau dapat mencoba bertamasya ke tempat yang ingin kau kunjungi, sebagai  “obat” untuk menghilangkan kesedihan. Jika kau menyukai musik, mulailah bermain musik atau mendengarkan musik-musik yang kau sukai sebagai pengalih kesedihanmu. Intinya tanyakanlah kepada dirimu, apa yang ingin kau lakukan saat ini.

  • Ungkapkan dengan tulisan
    Menulis bisa menjadi terapi dalam menyembuhkan rasa sedih. Kau dapat menumpahkan kesedihan atau kekecewaan pada sebuah tulisan agar perasaan dapat menjadi lebih baik. 


Jangan biarkan rasa sedih yang kau rasakan terjadi berlarut-larut. Yakinlah bahwa segala hal tersebut akan berlalu seiring berjalannya waktu. Jika rasa sedih yang kau rasakan berlangsung secara berkepanjangan, berlebihan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, atau muncul tanpa alasan yang jelas, disarankan untuk segera konsultasi ke psikiater atau psikolog untuk penanganan yang tepat.

Pesanku adalah, jangan lupa bahwa kau harus mencintai dirimu sendiri. Masa depanmu sangatlah cerah jadi kesedihan ini hanyalah kerikil yang menghadang jalanmu menuju masa depan indahmu. 

Kau akan bahagia….

Yakinlah...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CERPEN: Pemangsa Limbah Buangan

Pemangsa Limbah Buangan Menyusuri sungai, membelah gelombang. Tersenyum di tengah aliran. Kedua tangan terlentang, menikmati semilir angin...